Hotline 082253522336
Informasi lebih lanjut?
Home » Blog » Kapan Waktu Terbaik untuk Snorkeling?

Untuk semua perenang hampir tidak mungkin menemukan kondisi snorkeling yang sempurna, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda nilai untuk mendapatkan visibilitas terbaik dan perairan laut yang paling halus.

Waktu Hari

Jika Anda pergi snorkeling dalam cahaya redup, Anda akan menemukan bahwa jarak pandangnya kurang ideal tanpa obor yang bagus. Dalam hal visibilitas dan penetrasi cahaya ke dalam air, waktu yang Anda pilih untuk snorkeling sangatlah penting. Semakin banyak matahari menembus air, semakin berwarna semuanya terlihat. Namun, dalam hal kejernihan air saat sesi snorkeling dari bibir pantai, sebaiknya dilakukan pada sore hari. Di sebagian besar lokasi di seluruh dunia, ini mendarat di suatu tempat setelah pasang surut tinggi di mana arus pasang surut berada di titik nol. Meskipun air kendur sangat mudah untuk berenang dan hampir tidak ada arus yang melayang, air kendur dapat membatasi jarak pandang karena pasir dan partikel lain di dalam air tidak tersapu.

Dengan merencanakan perjalanan snorkeling Anda setelah air surut, arusnya tetap rendah, tetapi air menjadi lebih jernih dan masih menampilkan sinar matahari yang optimal untuk melihat lebih dalam ke dalam air.

Gerakan Air

Ini tidak hanya berarti pasang surut dan arus di bawah air. Air berombak juga bisa berarti waktu yang buruk bagi perenang snorkel. Sementara sejumlah kondisi yang berbeda dapat menyebabkan pergerakan air, salah satu faktor terbesar adalah angin. Hari yang berangin mungkin terasa menyenangkan di pantai, tetapi air yang kasar membuat sulit untuk snorkeling. Anda harus terus-menerus melawan penyimpangan, pada akhirnya menghabiskan lebih banyak energi daripada yang Anda inginkan, dan ombaknya mungkin cukup tinggi sehingga hampir tidak mungkin untuk bernapas secara efektif melalui tabung Anda. Selain itu, pergerakan air di permukaan sering mengaduk sedimen di dasar lokasi snorkeling.

Alga Mekar

Jika bukan hanya penggemar air tawar yang harus khawatir tentang mekarnya alga di musim panas , hal itu juga terjadi di lautan. Jika ada mekar ganggang di lokasi snorkeling yang Anda tuju, kemungkinan besar tempat itu ditutup untuk snorkeling. Meskipun tidak, Anda pasti tidak ingin masuk. Ganggang memiliki kebiasaan buruk menempel pada semua yang disentuhnya. Penjaga ruam Anda, topeng Anda, rambut Anda, dll. Itu bukan hal yang paling menyenangkan untuk ditutupi dan beberapa ganggang benar-benar menyebabkan ruam pada manusia dan hewan yang menemukan kulit mereka terpapar.

Namun, potensi kulit berlendir dan gatal bahkan bukan alasan nomor satu untuk melewatkan tempat snorkeling yang dipenuhi alga. Snorkeling menyebalkan di tempat-tempat itu! Alga mekar akan menghalangi sinar matahari di bawah air, secara efektif membuat Anda bahkan tidak bisa melihat ke bawah sana.

Kabar baiknya, blooming alga biasanya tidak berlangsung lama, bahkan ada yang bisa tersapu arus laut.

Waktu Tahun

Jika Anda merencanakan perjalanan snorkeling berikutnya ke luar negeri, sebaiknya pertimbangkan waktu dalam setahun di area tersebut. Baik musim panas maupun musim dingin masing-masing memiliki manfaatnya. Di musim dingin, Anda akan menemukan perairan yang lebih dingin, tetapi jarak pandang Anda juga akan lebih baik. Di musim panas Anda akan memiliki air yang lebih hangat, tetapi jarak pandang sering kali sedikit lebih tertutup oleh kehidupan bawah laut yang lebih aktif yang mengaduk sedimen.

Penting juga saat ingin snorkeling di luar negeri untuk memeriksa apakah Anda menuju ke sana selama musim hujan, jika ada. Saat musim badai, kondisi air kemungkinan besar akan keruh dan air akan bergejolak.

Gelombang Laut

Seperti memeriksa pasang surut sebelum Anda berangkat, yang terbaik adalah mencoba dan mengetahui ramalan ombak . Gelombang laut yang besar sangat bagus untuk peselancar, namun sangat buruk untuk perenang snorkel. Apa pun yang kurang dari empat kaki adalah normal. Mereka tidak hebat, tetapi mereka dapat dikelola. Ombak ideal untuk perenang snorkel sekitar satu hingga dua kaki. Ini hampir menjamin air yang lancar dan menyenangkan. Namun, apa pun yang lebih dari lima kaki menjamin waktu yang sulit dengan lebih banyak sedimen yang diaduk di bawah air.

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Alat yang Wajib Disiapkan Pemula Snorkeling

5 Alat yang Wajib Disiapkan Pemula Snorkeling

30 June 2023 395x Blog

Selam permukaan atau snorkeling adalah aktivitas yang cocok bagi penyelam pemula atau mereka yang ingin bermain air di perairan dangkal. Snorkeling termasuk ringan dan sederhana jika dibandingkan dengan diving atau selam skuba. Kendati lebih simpel, bagi pemula snorkeling perlu tahu apa saja peralatan yang harus dipersiapkan sebelum menjelajah perairan dangk... selengkapnya

7 Tips Snorkeling Bagi Pemula yang Tidak Bisa Berenang

7 Tips Snorkeling Bagi Pemula yang Tidak Bisa Berenang

30 June 2023 372x Blog

Snorkeling adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat berpergiaan ke laut atau pantai. Namun, snorkeling tak bisa sembarangan, ada teknik yang perlu Anda ketahui agar kegiatan ini aman. Berikut tips snorkeling bagi pemula yang tidak bisa berenang: Tips Snorkeling bagi Pemula 1. Cek peralatan & Pemakaiannya Sebelum snorkeling, sebaiknya cek du... selengkapnya

Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula

Mengenal Snorkeling dan Teknik Dasar untuk Para Pemula

30 June 2023 118x Blog

Menjelajah alam di bawah laut menjadi hal yang tidak kalah seru dari perjalanan alam di daratan. Jika kamu belum bisa melakukan penyelaman dengan jarak yang cukup dalam, tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan snorkeling untuk menikmati vegetasi bawah laut. Namun, saat kamu melakukan snorkeling, kamu juga perlu mengetahui berbagai tips dan cara melak... selengkapnya

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Telp Sekarang